Ponsel Gaming Pertama ASUS Resmi Diluncurkan

BAGIDROID - Perusahaan asal Taiwan ini mengumumkan setelah sekian lama dan maraknya isu yang beredar tentang Republic of Gamers (ROG) dalam bentuk ponsel. Perangkat yang akan bersaing dengan Razer Phone dan Xiaomi Black Shark ini diberi nama ROG Phone.


DESAIN
Ponsel ini memiliki tampilan layar penuh dengan dual speaker yang mengarah ke depan. Di bagian belakang terdapat logo ROG yang menyala dan dapat disesuaikan oleh pengguna. Desain utama yang menjadi sorotan pada ponsel ini adalah teknologi sistem pendingin 3D Vapor Chamber untuk menjaga perangkat agar tidak kepanasan.

SPESIFIKASI
Ponsel ini memiliki layar 6" AMOLED FHD+ dengan kecepatan refresh 90Hz dan 1ms waktu respon. Ini lebih kecil dibandingkan Razer Phone yang memiliki kecepatan resfresh 120Hz, tapi ini lebih dari rata-rata ponsel pintar lainnya. Layarnya juga mendukung HDR. Dilengkapi prosesor Qualcom Snapdragon 845 yang overclock pada 2.96 GHz, 8GB RAM dan 128GB atau 512GB ruang penyimpanan.

Terdapat 8MB kamera depan dan 12+8MP dual combo kamera. Ini merupakan konfigurasi yang sama pada Zenfone 5. ROG Phone memiliki kapasitas baterai 4.000mAh dengan dukungan teknologi fast charging ASUS HyperCharge. Untuk mengurangi panas dari pengisian, ASUS memindahkan charging chip dari ponsel ke adaptor daya.

ROG Phone memiliki tiga port USB-C. Dua disisi dan satu dibagian bawah. ASUS mengatakan "kami ingin memudahkan pengguna agar dapat bermain tanpa harus berususan dengan tali (USB) yang mencuat di bagian bawah". Port USB yang terdapat di bagian sisi juga dapat digunakan sebagai penghubung untuk beberapa aksesoris.

ROG Phone memiliki mode khusus, Mode X yang dapat diaktifkan dengan menekan bagian sisi ponsel. Pengguna dapat melakukan ini untuk menghentikan semua tugas latar belakang dan mengarahkan semua kekuatan pemrosesan untuk games yang dimainkan. Saat berada dalam Mode X, UI ponsel juga berubah dari biru menjadi merah tua.

Selain untuk mengantifkan Mode X, menekan sisi ponsel (landscape/dimiringkan) juga berfungsi sebagai semacam tombol bahy yang disebut Airtriggers. Pengguna juga dapat menyesuaikannya.

AKSESORIS
ROG Phone adalah binatang buas yang dimiliki oleh ASUS, ditambah beberapa aksesoris untuk menambah fitur perangkat.

  • AeroActive Cooler, kipas pendingin clip-on yang datang bersamaan dengan ponsel. Ada sebuah aplikasi untuk menyala/mematikan kipas dan mengatur kecepatan.
  • Gamevice Gamepad, sekilas tampak mirip dengan apa yang ditawarkan oleh seri Moto Z dari Motorola dengan sepasang tombol bahu pada setiap sisi.
  • TwinView Pedestal, dilengkapi dengan layar kedua yang berukuran sama (6") dan merubah perangkat menjadi seperti Nintendo 3DS. Pengguna dapat bermain pada layar utama dan chatting di layar kedua yang juga dilengkapi kapasitas baterai built-in 6000mAh.
  • Mobile Desktop Dock, memungkinkan pengguna untuk menjadi perangkat sebagai PC. Ada beberapa dock untuk menghubungkan monitor, keyboard, mouse, dan lain sebagainya. Port juga memungkinkan pengguna untuk menggunakan ponsel sebagai tampilan kedua dari PC.
  • WiGig Dock, dock 60GHz 802.11ad yang bekerja dengan Gamevice Gamepad dan memungkinkan pengguna terhubung dengan TV.

HARGA DAN KETERSEDIAAN
Sampai saat ini belum ada informasi mengenai harga dan ketersediaan dari ROG Phone. Kami tidak berharap akan dijual dengan harga murah. Tapi ini mungkin akan menjadi yang paling mahal dari ponsel gaming yang tersedia.

Comments